Yogyakarta Kolaborasikan Kampung Sayur dengan E-Warung

11 July 2020, 07:40 WIB
3 0 73
Gambar untuk Yogyakarta Kolaborasikan Kampung Sayur dengan E-Warung
Mewujudkan program ketahanan pangan, Kota Yogyakarta mulai mengkolaborasikan E-Warung dengan hasil produksi warga. E-warung diharapkan bisa menyerap produk dari lingkungan sekitarnya yang dihasilkan masyarakat dari kampung sayur atau pembudidaya lele cendol.
“Dengan begitu maka bisa saling menghidupi, karena inilah bagian dari gerakan Jogja untuk Jogja maka kehidupan ditopang dari kita untuk kita,” ucap Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat pencanangan Ketahanan Pangan bagi Perempuan Disabilitas dan Lansia di Lempuyangan, Jumat (10/7/2020).
Kolaborasi E-Warung dengan kampung sayur mulai diwujudkan melalui program ketahanan pangan bagi perempuan disabilitas dan lansia melalui program gandeng-gendong bersama Pusat Rehabilitas YAKKUM.
“Ini adalah bagaimana menghadapi pandemi secara bersama-sama menyelesaikan persoalan sosial terutama teman-teman difabel dan orang dengan gangguan jiwa,” paparnya.
Jumlah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kota Yogyakarta saat ini sekitar 2500 orang dan sudah diberikan bantuan sosial tunai, sekarang sedang disiapkan kembali untuk tahapan yang kedua.
“Kami mengapresiasi bantuan dari YAKKUM melalui model pemberdayaan, sehingga teman-teman difabel bisa mewujudkan ketahanan pangan dengan dibekali keterampilan dan fasilitas menanam sayur,” jelasnya.
Direktur Pusat Rehabilitas YAKKUM Katerina menjelaskan, program ketahanan pangan bagi perempuan disabilitas, lansia dan pendamping sudah menyasar di 8 kelurahan yakni, Baciro, Bausasaran, Demangan, Gunungketur, Klitren, Suryatmajan dan Tegal Panggung.
“Dalam program ini yang sudah dilakukan adalah memberikan 130 paket tanaman sayuran, yang harapannya selain bisa dikonsumsi sendiri untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari juga bisa dijual melaui e warung,” paparnya.
Selain itu pihaknya juga akan memberikan bantuan langsung non tunai kepada 300 penerima di 8 kelurahan tersebut. “Bantuan tersebut nantinya juga berasal dari hasil produksi sayuran yang ditampung E-Warung,” imbuhnya.
Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakarta Agus Sudrajat menuturkan perempuan penyandang disabilitas dan lansia adalah kelompok yang paling rentan saat pandemi Covid-19 sehingga perlu didorong supaya mampu memenuhi kebutuhan pokok dasarnya.
“Tujuan pemberdayaan ini adalah untuk mendukung ketahanan pangan di wilayah, hasil budidaya sayuran nantinya dibeli e-warung,” kata Agus.
E-warung diharapkan bisa membuka akses untuk menyalurkan produksi yang dihasilkan warga sekitar, tidak hanya sayuran saja namun juga lele cendol dan hasil produksi warga lainnya. (Tam)

sumber: Jogja Smart Service

  Komentar untuk Yogyakarta Kolaborasikan Kampung Sayur dengan E-Warung

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Berita Warga
20 jam lalu

Jumat Mulia, Jumat Bederma

𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Mlati, Sleman

Terbaru


Terpopuler

  1. Pendaftaran Grup WhatsApp UFA OFFICIAL Gelombang Pertama

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cipayung, Depok Kota  |  26 Oct 2020
  2. PROMO WISATA BAHARI LAMONGAN BULAN NOVEMBER 2020

    Ulin Nuha  di  Paciran, Lamongan  |  27 Oct 2020
  3. BLK Kendari Siap Berkolaborasi Perempuan Pesisir Kendari

    Citra  di  Tamalanrea, Makassar  |  29 Oct 2020
  4. Yayasan SAPA Memberikan Pelatihan Penanganan Kasus Trafficking kepada Bale Istri

    Sri Wahyuni  di  Paseh, Bandung Kabupaten  |  23 Oct 2020

Komentar Terbanyak

  1. 16
    Komentar

    Pendaftaran Grup WhatsApp UFA OFFICIAL Gelombang Pertama

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cipayung, Depok Kota  |  26 Oct 2020
  2. 2
    Komentar

    HOAX Bantuan COVID-19 Bagi Pemilik SIM C

    Satriandesta Mahadyasastra  di  Glagah, Lamongan  |  28 Oct 2020
  3. 2
    Komentar

    Segudang Manfaat Cincau Hitam

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cariu, Bogor Kabupaten  |  26 Oct 2020
  4. 1
    Komentar

    Kecipir Si Hijau Kaya Manfaat

    Satriandesta Mahadyasastra  di  Cigombong, Bogor Kabupaten  |  29 Oct 2020