RTHP di Kota Yogyakarta sebagai Area Smart City

26 September 2020, 08:55 WIB
5 0 23
Gambar untuk RTHP di Kota Yogyakarta sebagai Area Smart City
Selama pandemi covid 19 banyak masyarakat yang menjaga jarak satu sama lain. Interaksi mereka umumnya melalui gawai atau telepon genggam. Selain untuk berkomunikasi, perangkat itu juga untuk belajar dan memperoleh informasi secara online dengan internet. Maka melihat kebutuhan ini, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta  menjadikan RTHP (Ruang Terbuka Hijau Publik) dengan fasilitas koneksi sambungan internet gratis. Ini adalah upaya meningkatkan peran RTHP sebagai salah satu area smart city Free Hotspot Pemerintah Kota Yogyakarta. Fasilitas ini di kelola oleh Dinas Kominfo dan Telik Sandi Kota Yogyakarta.
Sesuai dengan Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 100 Tahun 2018 tentang Masterplan pengembangan Smart City Yogyakarta Tahun 2018 - 2022, Smart City Kota Yogyakarta mempunyai visi antara lain mewujudkan tata ruang kota yang nyaman huni melalui penyediaan sarana prasarana publik yang berkualitas dan terintegrasi; serta mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan (“sustainable development”) melalui pengelolaan lingkungan yang pintar.
Lokasi RTHP di Kota Yogyakarta yang sudah ada Free Hotspotnya dan dapat diakses oleh masyarakat yaitu Taman Bakung Baciro, Taman Kantil Baciro, Taman Wifi Pandeyan, RTHP Sorosutan, RTHP Mujamuju, RTHP Sosromenduran, RTHP Notoprajan, Taman Kadipaten Wetan dan Kadipaten Kulon, RTHP Mantrijeron, RTHP Dukuh, RTHP Gedongkiwo, RTHP Cokrodingratan, RTHP Bumijo. Untuk dapat menggunakan fasilitas free hotspot tersebut warga masyarakat dengan mengunduh aplikasi JSS (Jogja Smart Service) di Aplikasi Store yang ada di telepon genggam masing-masing yang berbasis android, kemudian mendaftar dengan mudah hanya memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan).
Selain ada akses internet gratis dari Pemerintah Kota Yogyakarta di beberapa RTHP setiap satu minggu sekali didatangi perpustakaan keliling dari Pemerintah Kota Yogyakarta dengan menggunakan mobil yang diberi nama “Monika” dan menggunakan kendaraan roda 3 diberi nama “Puspita” yang dikelola dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta. Perpustakaan keliling tersebut menyediakan bahan bacaan berupa buku, dan terbitan berkala seperti koran dan majalah juga dilengkapi dengan laptop yang online terhubung dengan internet yang dapat digunakan secara bergantian oleh warga masyarakat sesuai dengan jam buka. Lokasi RTHP yang secara rutin didatangi oleh perpustakaan keliling yaitu Taman Bakung Baciro, RTHP Fasum Baciro, RTHP Demangan, Taman Kehati Demangan, RTHP Gunungketur, RTHP Giwangan dan RTHP Gedongkiwo.
Dengan adanya RTHP sebagai salah satu Area Smart City selama pandemi covid 19 ini diharapkan dapat tetap mewujudkan sasaran Smart City Kota Yogyakarta yang nyaman dan ramah lingkungan, pembangunan sarana prasarana berkualitas, sehat, unggul, kota pendidikan, budaya dan pariwisata sesuai dengan Perwal Nomor 100 Tahun 2018. RTHP tersebut juga dapat mewujudkan beberapa elemen pembangunan kota cerdas di Kota Yogyakarta yaitu Smart Living, Smart Society dan Smart Environment.
Dengan adanya fasilitas tersebut maka banyak masyarakat sekitar yang berkunjung dan bermain serta menggunakan akses Free Hotspot dan Perpustakaan di RTHP di Kota Yogyakarta selama pandemi covid 19 ini yang tentunya harus mematuhi “Protokol Kesehatan” yaitu dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, serta dari petugas Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta dengan menggunakan APD secara rutin membersihkan, merawat dan mengelola RTHP di Kota Yogyakarta. (rkakung,Seksi P-RTHP)
sumber Jogja Smart Service

  Komentar untuk RTHP di Kota Yogyakarta sebagai Area Smart City

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Pendaftaran Grup WhatsApp UFA OFFICIAL Gelombang Pertama

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cipayung, Depok Kota  |  26 Oct 2020
  2. PROMO WISATA BAHARI LAMONGAN BULAN NOVEMBER 2020

    Ulin Nuha  di  Paciran, Lamongan  |  27 Oct 2020
  3. BLK Kendari Siap Berkolaborasi Perempuan Pesisir Kendari

    Citra  di  Tamalanrea, Makassar  |  29 Oct 2020
  4. Yayasan SAPA Memberikan Pelatihan Penanganan Kasus Trafficking kepada Bale Istri

    Sri Wahyuni  di  Paseh, Bandung Kabupaten  |  23 Oct 2020

Komentar Terbanyak

  1. 16
    Komentar

    Pendaftaran Grup WhatsApp UFA OFFICIAL Gelombang Pertama

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cipayung, Depok Kota  |  26 Oct 2020
  2. 2
    Komentar

    HOAX Bantuan COVID-19 Bagi Pemilik SIM C

    Satriandesta Mahadyasastra  di  Glagah, Lamongan  |  28 Oct 2020
  3. 1
    Komentar

    Segudang Manfaat Cincau Hitam

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cariu, Bogor Kabupaten  |  26 Oct 2020
  4. 1
    Komentar

    Kecipir Si Hijau Kaya Manfaat

    Satriandesta Mahadyasastra  di  Cigombong, Bogor Kabupaten  |  29 Oct 2020